Pembentukan Satuan Resimen Mahasiswa Universitas Pamulang Kota Tangerang Selatan Bentuk Eksistensi Menwa Indonesia


Sejarah mencatat bahwa eksistensi Resimen Mahasiswa Indonesia terus berkibar. Ditandai dengan Pengukuhan dan Pelantikan Komandan Satuan Resimen Mahasiswa III.A/Universitas Pamulang Tahun 2023 Rio Aprilian (17/03/2023).

Satuan Resimen Mahasiswa atau disingkat dengan Satmenwa III.A/Universitas Pamulang merupakan bagian dari Komando Resimen Mahasiswa Mahabanten Provinsi Banten. Pengukuhan dan pelantikan ini menandai dimulainya eksistensi Satmenwa UNPAM setelah mereka mengikuti Pelatihan Dasar Resimen Mahasiswa beberapa waktu sebelumnya.


Massaputro Delly TP selaku Kepala Staf Resimen Mahasiswa Mahabanten yang melakukan pengukuhan dan pelantikan Komandan Satuan, sekaligus membuka kegiatan Kursus Dinas Staf (KDS) yang dilaksanakan 3 (tiga) hari.

"Resimen Mahasiswa sebagai organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan turut serta dalam usaha-usaha bela negara serta pelindungan masyarakat, untuk itu diperlukan sinergi dengan instansi pemerintah terkait seperti Satpol PP," ujar Delly dalam sambutannya. 

Delly menambahkan bahwa Satpol PP memiliki tugas melakukan pelindungan masyarakat dimana salah satu fungsinya adalah melakukan pembinaan terhadap komponen perlindungan masyarakat, sesuai dengan amanat Menteri Dalam Negeri bahwa Resimen Mahasiswa dapat dilakukan pembinaan dalam bidang bela negara dan perlindungan masyarakat.


"Diharapkan terus tercipta sinergi antara Satpol PP Provinsi Banten dengan Satuan Resimen Mahasiswa yang ada di Perguruan Tinggi di Provinsi Banten sehingga dapat dilakukan pembinaan secara berkesinambungan dalam hal perlindungan masyarakat," tutup Delly.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close